Jika Anda menemui masalah atau ada pertanyaan langsung, mohon hubungi Customer Service kami di 150210. Atau kunjungi kantor kami untuk konsultasi langsung secara gratis.

Koperasi adalah sebuah organisasi ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama

Jenis – jenis koperasi berdasarkan jenis usahanya

  1. Koperasi Produksi

    Koperasi produksi merupakan sebuah koperasi yang bertujuan untuk membantu usaha para anggotanya atau melakukan suatu usaha secara bersama-sama. Terdapat berbagai macam bentuk koperasi produksi, seperti koperasi produksi untuk para petani, peternak sapi, pengrajin, dan sejenisnya. Pada koperasi ini, pembantuan usaha para anggotanya biasanya bertujuan untuk membantu kesulitan-kesulitan anggotanya dalam menjalani usaha.

  2. Koperasi Konsumsi

    Sebuah koperasi yang menjual berbagai barang kebutuhan pokok untuk para anggotanya biasa disebut sebagai koperasi konsumsi. Harga barang-barang dari koperasi jenis ini umumnya lebih murah dari harga di pasaran. Sebagai contoh koperasi menjual beras, telur, gula, tepung, kopi, dan lain sebagainya.

  3. Koperasi Simpan Pinjam

    Koperasi simpan pinjam (KSP) biasanya juga dikenal sebagai koperasi kredit. Seperti yang kita tahu, sesuai dengan namanya, koperasi ini menyediakan pinjaman uang. Tidak hanya itu, koperasi jenis ini juga menjadi tempat untuk menyimpan uang. Uang pinjaman diperoleh dari dana yang dikumpulkan secara bersama-sama oleh para anggotanya. Apabila dilihat secara sekilas tampak bahwa cara kerja koperasi simpan pinjam sama seperti bank pada umumnya. Namun sebenarnya terdapat beberapa perbedaan antara KSP dengan bank konvensional.

  4. Koperasi Serba Usaha

    Jenis koperasi berdasarkan jenis usaha yang terakhir ialah Koperasi Serba Usaha (KSU). KSU adalah jenis koperasi yang di dalamnya terdapat berbagai macam bentuk usaha. Bentuk usaha yang dilakukan bisa berupa gabungan antara koperasi produksi dan koperasi konsumsi atau antara koperasi produksi dan koperasi simpan pinjam.

Jenis – jenis Koperasi berdasarkan tingkatannya

  1. Koperasi primer ialah koperasi yang yang minimal memiliki anggota sebanyak 20 orang perseorangan.
  2. Koperasi Sekunder Adalah koperasi yang terdiri dari gabungan badan-badan koperasi serta memiliki cakupan daerah kerja yang luas dibandingkan dengan koperasi primer. Koperasi sekunder dapat dibagi menjadi :
  3. koperasi pusat adalah koperasi yang beranggotakan paling sedikit 5 koperasi primer
  4. gabungan koperasi adalah koperasi yang anggotanya minimal 3 koperasi pusat
  5. induk koperasi adalah koperasi yang minimum anggotanya adalah 3 gabungan koperasi

Jenis – jenis Koperasi berdasarkan luasan daerah kerjanya

  1. Koperasi Nasional
  2. Koperasi Provinsi
  3. Koperasi Kotamadya / Kabupaten
Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan

Prinsip koperasi adalah suatu sistem ide-ide abstrak yang merupakan petunjuk untuk membangun koperasi yang efektif dan tahan lama. Prinsip koperasi terbaru yang dikembangkan International Cooperative Alliance (Federasi koperasi non-pemerintah internasional) adalah

  • Keanggotaan yang bersifat terbuka dan sukarela
  • Pengelolaan yang demokratis,
  • Partisipasi anggota dalam ekonomi,
  • Kebebasan dan otonomi,
  • Pengembangan pendidikan, pelatihan, dan informasi.

Di Indonesia sendiri telah dibuat UU no. 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian. Prinsip koperasi menurut UU no. 25 tahun 1992 adalah:

  • Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka
  • Pengelolaan dilakukan secara demokrasi
  • Pembagian SHU dilakukan secara adil sesuai dengan jasa usaha masing-masing anggota
  • Pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal
  • Kemandirian
  • Pendidikan perkoperasian
  • Kerjasama antar koperasi
Rangkul Teman di dirikan berdasarkan akta pendirian Koperasi Simpan Pinjam nomor 04, pada tanggal 18 Januari 2017 di Jakarta.
Rangkul Teman sudah mendapatkan Pengesahan Badan Hukum dari Kementrian Koperasi, dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia pada tanggal
Ya, Rangkul Teman sudah mempunyai NIB
Ya, Rangkul Teman sudah mempunyai Ijin Operasional
Ya, Rangkul Teman membayar kewajiban pajaknya

Ada dua cara registrasi menjadi anggota Rangkul Teman, yaitu:

  1. Offline : Datang ke kantor Rangkul Teman
  2. Online : www.rangkulteman.id

Sesuai dengan Anggaran Dasar Rangkul Teman, syarat – syarat menjadi anggota adalah sebagai berikut:

  1. Warga negara Indonesia
  2. Mempunyai kemampuan untuk melakukan tindakan hukum (dewasa dan tidak dalam perwalian)
  3. Telah menyetujui isi Anggaran Dasar dan ketentuan – ketentuan lain yang berlaku
Berdasarkan jenis usahanya, termasuk Koperasi Simpan Pinjam. Berdasarkan tingkatannya termasuk Koperasi Primer dan berdasarkan luasan daerah kerjanya adalah Koperasi Nasional
Adalah sejumlah uang yang wajib dibayarkan oleh anggota kepada koperasi pada saat masuk menjadi anggota. Besarnya simpanan bergantung dari hasil kesepakatan pengurus dan anggota koperasi. Simpanan pokok tidak dapat diambil kembali selama yang bersangkutan masih menjadi anggota koperasi. Simpanan pokok berjumlah sama bagi setiap anggota
Adalah sejumlah uang tertentu yang harus dibayarkan oleh anggota kepada koperasi dalam waktu dan kesempatan tertentu, misalnya setiap bulan dengan jumlah simpanan yang sama setiap bulannya. Besarnya simpanan bergantung dari hasil kesepakatan pengurus dan anggota koperasi. Simpanan wajib tidak dapat diambil kembali selama yang bersangkutan masih menjadi anggota koperasi.
Adalah simpanan yang besarannya tidak ditentukan, tetapi bergantung kepada kemampuan anggota. Simpanan sukarela dapat disetorkan dan diambil setiap saat.
Produk layanan Rangkul Teman terbagi dalam produk simpanan dan produk pinjaman
Simpanan berjangka adalah salah satu produk layanan yang dapat dinikmati oleh anggota Rangkul Teman. Anggota dapat memilih besarnya simpanan dan jangka waktu sesuai dengan kebutuhannya.
Periode simpanan berjangka adalah 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan dan 12 bulan.
Jasa simpanan berjangka adalah besaran uang yang harus di bayarkan oleh Koperasi kepada anggotanya yang mempunyai Simpanan Berjangka, yang besar kecilnya tergantung kepada nilai Simpanan Berjangkanya dan jangka waktunya.
Ya, jasa simpanan berjangka berpotensi kena pajak. Penghitungan pajak atas jasa simpanan koperasi ini berlandaskan Pasal 23 ayat 1a dan Pasal 4 ayat 2a dari Undang-Undang Pajak Penghasilan, PP 15 tahun 2009 tentang PPh atas bunga simpanan yang dibayarkan oleh koperasi pada anggota koperasi Orang Pribadi, dan PMK nomor 112/PMK/03/2010 tentang tata cara pemotongan, penyetoran, dan pelaporan pajak penghasilan atas bunga simpanan yang dibayarkan oleh koperasi pada anggota koperasi Orang Pribadi. Berdasarkan tiga hukum itu, maka bunga simpanan koperasi dikenakan pemotongan PPh Pasal 4 ayat 2, yaitu sebesar 10% dari jumlah bruto bunga simpanan untuk penghasilan berupa bunga simpanan lebih dari Rp 240.000 per bulan dan bersifat final.
Kita terdaftar di Kementerian Kominfo, memiliki izin dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Kami juga didukung oleh beberapa perusahaan fintech, serta telah disetujui oleh layanan penyedia tandatangan digital milik negara.
Anda bisa membuka simpanan berjangka dengan Rp1jt - Rp100jt, selama 1 - 12 bulan. Anda akan mendapat hasil sebesar 10% disetahunkan, yang akan Anda terima setiap bulannya di rekening bank yang Anda daftarkan. Simpanan pokok akan Anda dapatkan di akhir termin simpanan.
Tandatangan digital melindungi simpanan dan data pribadi Anda dari usaha penipuan dan kejahatan siber. Tandatangan digital telah diatur dalam Undang-Undang No 82 tahun 2012 mengenai Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.
Anda akan terima informasi nomor rekening virtual account setelah Anda menyelesaikan dan mengirimkan Formulir Pembukaan Simpanan. Selanjutnya, Anda bisa mengirimkan deposit lewat virtual account dari ATM dan mobile banking.
Anda akan menerima secara bulanan dan dikirimkan ke rekening bank yang Anda daftarkan.
Anda akan menerima di akhir termin simpanan Anda dan dikirimkan ke rekening bank yang Anda daftarkan.
Anda tidak diperbolehkan menarik dana simpanan sebelum waktunya.
Simpanan Anda akan secara otomatis diperpanjang dan Anda akan terima hasil simpanan berjangka secara terpisah, dan sesuai jadwal.
Koperasi Rangkul Teman menyelenggarakan event, seminar, workshop, gathering, serta memberikan diskon dari brand-brand ternama.
Tidak, Koperasi Rangkul Teman tidak membebankan biaya administrasi.
Sertifikat Elektronik adalah sertifikat yang memuat Tanda tangan elektronik dan identitas yang menunjukan status subjek hukum para pihak dalam Transaksi Elektronik yang diterbitkan Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) sehingga dokumen elektronik yang ditransaksikan dapat dijamin keabsahan dan keasliannya.
Sebagai alat autentifikasi dan verifikasi atas identitas penandatangan dan keutuhan serta keauntetikan informasi elektronik.
Sertifikat Elektronik akan secara otomatis diperoleh jika informasi diri Anda berhasil terverifikasi.
Tanda tangan elektronik adalah tanda tangan yang terdiri atas informasi elektronik yang dilekatkan, terasosiasi atau terkait dengan informasi elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi dan autentikasi. Dengan menggunakan Tanda tangan elektronik, dokumen perjanjian kerja sama memiliki kekuatan hukum yang tetap dan setara dengan tanda tangan basah (UU ITE No 11 Tahun 2008)
Tanda tangan elektronik akan secara otomatis diperoleh setelah mendapatkan sertifikat elektronik.
Peruri merupakan satu-satunya BUMN yang dipercaya sebagai Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) dengan status tersertifikasi dan berada dibawah pengawasan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) berdasarkan SK Pengakuan Nomor 790 Tahun 2019. Dalam hal ini, Rangkul Teman bekerja sama dengan Peruri sebagai penyedia Sertifikat dan Tandatangan Elektronik
Kami menggunakan live video streaming Anda dengan tujuan menggantikan proses verifikasi manual yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka langsung

Kami meminta semua calon pengguna platform Rangkul Teman untuk mengikuti setiap pedoman yang diberikan. Kami memblokir proses verifikasi terhadap diri Anda untuk mencegah terjadinya penipuan atau aksi kejahatan lainnya. Kami mohon maaf jika proses verifikasi diblokir karena kekeliruan. Jika Anda mencoba melakukan proses E-KYC:

  1. Pastikan Anda mengikuti pedoman kami. Yaitu, mengedipkan mata, buka mulut, dan tutup mulut.
  2. Pastikan Anda melakukan perekaman di tempat yang cukup terang.
Jika Anda melihat pesan yang menyatakan bahwa Proses verifikasi gagal, maka Anda diharuskan untuk mencobanya lagi dalam kurun waktu 1x24 jam.
Untuk menyelesaikan pembuatan akun, Anda harus mengonfirmasi bahwa Anda adalah pemilik email yang digunakan untuk membuat akun dengan cara klik atau ketuk tautan di email yang Anda terima ketika membuat akun. Dengan mengonfirmasi email, Anda membantu kami mengetahui bahwa kami mengirimkan informasi ke orang yang tepat.
  1. Periksa folder kotak masuk dan email sampah Anda.
  2. Pastikan Anda memasukkan email yang benar.
  1. Pastikan nomor ponsel yang Anda gunakan masih aktif dan dapat diakses
  2. Pastikan Anda menon-aktifkan mode Airplane
  3. Pastikan perangkat ponsel Anda terjangkau oleh sinyal atau jaringan telefon
File Sertifikat Elektronik Anda akan dikirimkan melalui email yang Anda gunakan saat melakukan pendaftaran dengan format (dot) pem. Pastikan Anda melakukan pemeriksaan pada folder kotak masuk dan email sampah Anda secara berkala. Apabila Anda belum menerima email dengan kata kunci “Digital Certificate Peruri” dalam waktu 1x24 jam, Anda dapat menghubungi Customer Service Rangkul Teman di 150210.
Peruri selaku penyedia layanan tandatangan digital telah mendapatkan sertifikasi Sistem Manajemen Keamanan Informasi ISO 27001 yang berstandar Internasional. Sertifikasi tersebut memastikan keamanan data Anda terjamin dan terlindungi.
Apabila masa berlaku sertifikat elektronik telah habis dan tidak dilakukan pembaruan, maka Anda tidak bisa melakukan proses penandatangan dokumen. Anda akan diberikan notifikasi 30 hari sebelum masa berlaku Sertifikat Elektronik habis melalui email yang terdaftar. Anda bisa melakukan proses pembaruan sertifikat elektronik, dengan mengirimkan permintaan pembaruan.
Proses pembaruan dilakukan dengan mengirimkan permintaan pembaruan. Anda akan diminta untuk menandatangani “Form Permintaan Pembaruan” menggunakan Sertifikat Elektronik yang masih aktif. Bagaimana jika ingin mengganti data diri saya? Peruri tidak dapat melakukan perubahan pada data diri pada sertifikat elektronik yang sudah di-issued.
Semua orang yang sudah melakukan registrasi di KSP Rangkul Teman